Saturday 21 November 2015

Seberapa Pentingkah Penampilan Sebuah Blog?

Pernahkan anda mendengar sebuah studi mengatakan bahwa dalam percakapan, 97% dari komunikasi yang baik tergantung dari bahasa tubuh dan 3% lagi baru dari apa yang dikatakan? 97% Bahasa tubuh disini kita terjemahkan kepada penampilan blog dan 3% nya adalah konten.

Banyak orang yang lupa atau cuek akan hal ini, penampilan blog memberikan efek atau kesan pertama sebelum orang mengetahui isi blog anda, efek yang di timbulkan ini di tentukan oleh penampilan blog anda, apakah efek yang positif atau sebaliknya. Tentu saja tidak mengenyampingkan kualitas konten atau artikel yang anda tulis.

Anda tentu pernah berkunjung ke sebuah blog namun setelah anda melihat tampilan blog tersebut anda lansung menutupnya kembali karena penampilan blog yang amburadul bukan? Padahal konten blog tersebut bisa jadi bagus, tapi gara-gara mereka mengabaikan hal ini akibatnya pembaca pergi sebelum berkenalan lebih jauh dengan blog tersebut. Jangan sepelekan hal ini kalau anda benar-benar ingin menjadi blogger profesional.

Lalu bagaimana penampilan blog yang bagus itu?
Hal ini bisa di lihat secara umum, cara yang paling bagus untuk mengetahui blog dengan tampilan yang bagus adalah perhatikan saja blog yang sudah sukses, banyak sekali blog sukses yang bisa anda tiru,rata-rata blog terebut mempunyai tampilan yang elegan dan rapi, mencerminkan profesionalime, setidaknya anda bisa mengambil pedoman pada blog tersebut, ada banyak sekali template gratis yang bisa anda download tanpa harus membayar. Intinya kalau ingin blog anda sukses tirulah blog yang sukses. Tidak ada yang salah dengan meniru apabila anda memang tidak mampu untuk membuat nya sendiri.

Namun sekali lagi saya ingatkan bahwa anda tidak boleh mengabaikan kualitas konten, tentu saja untuk membuat orang betah berlama-lama dengan blog anda ditentukan pada apa yang anda tulis. Tidak ada artinya juga bila tampilan blog anda bagus tapi isi kosong. Yang ditekankan pada tulisan ini adalah membuat kesan pertama pada pengunjung . Kecuali blog anda memang sudah terkenal atau sudah punya brand, anda boleh mengabaikan hal ini, contohnya almarhum Bob Sadino, walapun memakai celana pendek setiap hari tapi tips-tips nya tentang bisnis selalu di tunggu-tunggu orang.

Tapi sebagai pemula anda tidak perlu minder, hal ini sudah di kupas pada tulisan ini, silakan baca: Kenapa Blog AndaJelek?
Tampilan blog menggambarkan siapa di balik blog tersebut, ketika pengunjung datang ke blog anda maknanya mereka sedang berbicara dengan anda. Mereka akan kembali jika mereka percaya dengan anda.







No comments: