Monday 26 October 2015

Minder Dengan Tulisan Orang Lain yang Tampak Hebat? Ini Obatnya!

Hati-hati terlalu sering membaca cara-cara menulis yang baik yang di sukai pembaca, yang di cari orang dll.. sebab itu bisa saja memukul balik mental anda dalam menulis, anda cenderung memikirkan selera orang sehingga anda takut dengan respon pembaca akhirnya tidak beranjak dari paragraf pertama.

Bagi saya aturan menulis yang bertele-tele itu sangat memuakkan!
Menulis tidak harus mengikuti aturan ini itu segala macam, tulis saja apa yang mau anda tulis. Sesederhana itu, lalu bagaimana jika orang tidak menyukai tulisan anda?

Anda menulis untuk siapa?
Nah ini kembali ke motivasi anda dalam menulis. Anda menulis untuk siapa? Untuk diri anda sendiri atau untuk orang lain?
jika anda berniat menulis untuk di baca banyak orang apalagi demi mendapatkan uang, memang anda harus membuatnya menjadi tulisan yang komersil sesuai selera dan kebutuhan pembaca namun jika anda menulis dalam rangka menuangkan ide-ide kreatif yang berseliweran di kepala anda maka anda tidak perlu memikirkan bahwa tulisan anda akan di terima orang atau tidak. Sebab tidak ada kompromi dalam kreatifitas, kreatifitas tidak membutuhkan persetujuan!


10 comments:

Don Soe said...

bener gan, bertele tele justru bikin yg baca eneeeek

Unknown said...

betul sekali mas Sebenarnya dotCom, respon pembaca adalah efek dari tulisan kita terlepas dari baik buruknya respon tsb.

endrahx said...

pake bahasa sendiri aja biar keliatan santai hehe

Unknown said...

betul sekali Ndara Hidayah

Erianto Anas said...

Ringkas padat dan sangat mengena!

Unknown said...

hahaha.. tks bang Erianto

Unknown said...

wah, bisa di coba ni

Erianto Anas said...

Sama-sama Gowin

Unknown said...

silakan mas Muslim Syuhadah

Nasir Alfa said...

Mantap gan untuk pembahasannya, sukses untuk artikel lainnya.