Wednesday 28 October 2015

Bagaimana sih Tulisan Yang Unik dan Berkualitas itu?

Setiap anda mencari kata kunci “cara menulis postingan pada blog,” selalu anda temukan kata-kata lebih kurang berbunyi seperti ini “tulislan konten yang unik original dan bermutu. Lalu yang unik itu seperti apa, pengertian unik secara umum adalah berbeda dari yang lain, lalu apa nya yang berbeda? Apakah anda harus menulis sesuatu topik yang tidak pernah di bahas orang sama sekali?

Unik sesungguhnya sangat sederhana sekali, yaitu bagaimana berbicara dengan cara anda. Tidak ada yang sama persis gaya orang berbicara, semua nya berbeda-beda nah itulah yang di katakan unik,terlepas dari orang suka atau tidak mendengar anda berbicara.

Unik dalam gaya bicara bisa di pelajari,
Anda bisa lihat cara-cara orang bicara bagaimana ekspresi, gerak tubuh atau bahasa tubuh ketika berbicara semuanya bersatu dalam gaya atau seni berbicara sehingga orang yang melihat jadi tertarik, lama-lama anda akan punya gaya bicara dan bahasa sendiri. biasanya para orator, para marketer meguasai ini.

Nah..
Gaya bicara ini lah yang di transfer ke dalam tulisan, tulisan anda menerjemahkan bagaimana anda secara nyata, semangat dan betapa ekspresifnya anda bisa di baca melalui tulisan. Makanya sesuatu yang dibuat-buat langsung membuat orang eneg ketika membaca tulisan anda, karena ketika mereka membaca sejatinya pembaca sedang mengobrol dengan anda.

Lalu mutu/kualitas tulisan itu yang bagaimana?
Mutu dalam pengertian kebanyakan adalah tulisan yang bermanfaat buat orang banyak. Pengertian seperti ini menurut saya sangat dangkal, padahal mutu itu relatif, tidak bisa di genalisir. Mutu itu tergantung kebutuhan personal masing-masing , belum tentu menurut anda bermutu tapi tidak bagi orang lain, jadi jangan terjebak akan ketakutan bahwa tulisan anda tidak bermutu.

Contoh
Ketika saya menulis “Cara cepat Membobol Pintu Lemari Besi pada Bank”, apakah menurut anda tulisan saya bermutu? Tentu saja tidak karena anda seorang ustad, tapi berbeda ketika profesi anda sebagai maling pemula, pasti lansung di borkmark oleh mereka, betul tidak?


4 comments:

Unknown said...

judulnya unik dan menipu, hahaha.
Bisa saja mas herwin bikin menarik mata pembaca supaya tuntas membaca tulisan di atas. :)

Unknown said...

hahaha... iya saya sengaja bikin judul seperti itu biar lebih menarik Rara

Unknown said...

mas herwin saya mau tanya di luar konteks di atas.

Ini mengenai blog,
saya sedang menggunakan seluler, kok ada yg bisa mengomentari post di blog dgn akun googlenya? tapi ada juga yg gak bisa? padahal disediakan kolom komentar. kenapa bisa begitu ya?

Lain halnya dgn blog yg memprivasi tidak ada kolom komentar, seperti blog pinblok punya pak ea.

Unknown said...

bisa jadi browser yang di gunakannya tidak update Rara, atau memang jaringan yang tidak bagus, kalau masalah browser coba di update biasanya setelah itu bisa.