Thursday 26 November 2015

Bisakah Sukses Menjadi Blogger Tanpa Punya Kemampuan Menulis?

Bisakah Sukses Menjadi Blogger Tanpa Punya Kemampuan Menulis?



Sebenarnya pernyataan bahwa anda tidak bisa menulis ini tidak beralasan, kenapa? Menurut saya setiap yang bisa  bercerita pasti bisa menulis, sangat sederhana, tapi kenapa blogger-blogger pemula sering mengalami kesulitan dengan hal ini?

Sejauh ini memang tidak mudah menulis postingan secara konsisten setiap hari, namun saya yakin hal itu akan menjadi mudah jika mau melatihnya secara terus menerus.  Biasanya Yang paling membuat menulis itu susah sebenarnya bukan topik apa yang akan di tulis akan tetapi rasa jenuhlah yang mengakibatkan keinginan untuk menulis menjadi loyo,  kejenuhan ini berkaitan dengan blog yang tidak kunjung ramai di kunjungi, tidak bisa di pungkiri semangat akan berkurang banyak ketika kita melihat kenyataan sepinya pengunjung  blog, semuanya saling berkaitan satu sama lain, itulah sebabnya jika ingin blog kita dikunjungi banyak orang resep yang paling ampuh yaitu menulis artikel sebanyak mungkin disamping optimasi SEO.  Hal ini sudah di tulis oleh hampir seluruh blogger senior yang sudah bertahun-tahun bergelut dengan dunia blogging. Dan saya berani mengatakan bahwa jika tidak menulis secara konsisten maka menjadi blogger sukses akan menjadi impian di siang bolong saja.

Suka tidak suka menulis postingan harus dipaksakan
Dipaksakan maksudnya disini bukanlah menulis asal-asalan dengan kalimat-kalimat tidak bergizi dan penuh basa basi, namun anda harus selalu mencari ide apa saja yang mau anda tawarkan kepada pembaca, salah satu cara mencari ide menulis postingan dapat anda baca disini

Seorang teman saya bertanya

“apakah saya bisa menjadi blogger tapi saya tidak bisa menulis?”
Lalu saya menjawab, tentu saja bisa, menjadi blogger itu sangat mudah namun anda tidak akan betul-betul menjadi blogger sukses dalam jangka panjang.

“maksudnya bagaimana?”
Maksud saya anda bisa saja membuat blog yang tidak membutuhkan keterampilan menulis artikel, contohnya anda bisa membuat blog download mp3, download film dan sebagainya namun blog anda akan tercatat sebagai blog pelanggar hak cipta, dan anda sangat rentan kena banned oleh google. Blog sekelas napster saja bisa habis apalagi anda.

“Bagaimana dengan toko online?”
Bisa saja tapi saya sangsi anda akan sukes disana, karena toko online membutuhkan kepercayaan penuh dari pelanggan, artinya anda harus membangun brand terlebih dahulu, dan membangun brand bukanlah pekerjaan mudah, di butuhkan modal yang sangat besar kecuali anda mempunyai trik-trik tertentu. Coba saja anda perhatikan website toko online besar  seperti tokopedia, lazada,matahari, Olx,blibli dan banyak lagi yang lain, walaupun sudah terkenal namun sampai sekarang mereka masih mengembangkan brand mereka dengan beriklan di televisi, dan anda tau sendiri berapa biaya yang mereka keluarkan untuk itu bukan?

“Berarti saya tidak akan bisa menjadi blogger atau pebisnis online dong?”
Yang membuat anda berfikir tidak bisa itu adalah karena anda masih berfikir bagaimana mencari uang dan kaya raya dengan cepat melalui bisnis online,  anda belum paham apa yang anda inginkan. Kalau anda berencana mendapatkan uang cepat maka menjadi blogger atau mengurus toko online bukanlah pilihan yang tepat.


“lalu bagaimana caranya supaya saya bisa”?
Saran saya jangan berharap terlalu tinggi dulu, turunkan target anda dengan cara menyesuaikannya dengan kemampuan, lewati proses demi proses tidak semua orang bisa seperti Mark Zukerberg dengan facebook nya. Jadilah realistis, lakukan hal-hal kecil yang anda bisa, dari sinilah nanti anda akan mengetahui bahwa anda bisa menjadi besar, jangan di balik! Kalau anda tidak percaya dan yakin akan kemapuan anda silakan saja di coba.

Salam Sukses


1 comment:

Tips Agar Tetap Bugar Saat Puasa said...

Meskipun tidak memiliki kemampuan menulis. namun, dengan balajar kita bisa mendapatkan kemampuan menulis tersebut.. kuncinya yang penting adalah memiliki niat dan mau berusaha.. terima kasih atas informasinya